Selasa, 05 Februari 2013

Manglayang Gunung Yang Di Pandang Sebelah Mata


Namanya tidak setenar gunung lainnya namun sebenarnya daya tarik dan pesona Manglayang tidak kalah. Mendaki Manglayang dapat ditempuh secara singkat. Jika tidak mau bermalam, anda dapat mendaki pagi dan kemudian turun sebelum hari gelap. Gunung ini merupakan menara penjaga di timur rangkaian gunung Legenda Sangkuriang – Burangrang, Tangkuban Perahu, dan Bukit Tunggul.

Dari sekitar puncak Manglayang, dapat terlihat bagian cekungan Bandung purba. Saat malam, cahaya lampu-lampu Jatinangor, Bandung dan sekitarnya begitu memesona.

Dari Puncak Timur, dapat terlihat kawasan Jatinangor dan pegunungan di sekitarnya. Terlebih malam saat cuaca cerah. Walaupun tingginya kurang dari 2.000 mdpl, namun medannya cukup menantang dan melelahkan. Trek jalur timur Manglayang miring 45 – 75 derajat, nyaris tanpa bonus atau jalur landai.

Dari Puncak Timur menuju puncak Manglayang, hutannya masih cukup asri. Puncak Manglayang cukup luas dan teduh dengan rimbunnya pepohonan. Di puncak juga terdapat sebuah makam keramat.

Pendakian melalui Jalur Batu Kuda cukup unik. Di kawasan ini terdapat batu-batu besar berserakan dengan bentuk khas. Ada yang seperti kuda, lawang atau pintu, dan sebagainya. Berkemah di antara hutan pinus kawasan Batu Kuda juga terasa menyegarkan.

Jalur Pendakian
Ada beberapa jalur pendakian yang umum dilalui, di antaranya adalah melalui Wanawisata Situs Batu Kuda, Kab. Bandung; Palintang, Ujung Berung, Kab. Bandung; dan Bumi Perkemahan Kiara Payung lalu menuju Desa Baru Beureum/Manyeuh Beureum, Jatinangor, Kab. Sumedang. Mendaki melalui Wanawisata Situs Batu Kuda, dapat melapor di gerbang wanawisata.

Informasi Umum

Tinggi : 1.818 mdpl
Lokasi Administrasi: Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang
Kota Terdekat: Jatinangor dan Ujung Berung
Waktu Pendakian: 3-4 jam dari titik awal pendakian hingga puncak gunung

Ditulis Oleh : napallima ~ Napallima Blog

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Manglayang Gunung Yang Di Pandang Sebelah Mata,, Semoga artikel tersebut diatas bermanfaat untuk anda semuanya.... Mohon maaf apabila penulisan atau konten dari posting yang anda baca sudah rusak atau terjadi kesalahan. Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kotak komentar.

:: Terima Kasih Telah Berkunjung ! ::

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentarnya...