Rabu, 20 Mei 2009

Penghijauan Bandung Makin Giat, Sejuta Lebih Pohon Sudah Ditanam

BANDUNG, TRIBUN – Selama empat tahun terakhir, di Kota Bandung sudah ditanam 1 juta lebih pohon berbagai jenis, tepatnya 1.085.499 batang pohon. Upaya penanaman pohon ini semakin giat dilakukan untuk membuat Bandung semakin hijau. Hasil penghiauan itu bisa dirasakan di Taman Tegallega.

“Tegallega semula kumuh dihuni ribuan PKL, kini sudah berubah menjadi hutan kota dengan penanaman 5.300 pohon terbagi 175 jenis,” ujar Kepala Dinas Pertamanan Kota Bandung Yogi Suparjo, , Minggu (3/2).

Upaya penghijauan lainnya lanjut Yogi, membuat dan memelihara taman di Kota Bandung yang jumlahnya mencapai 510 taman ditambah 26 buah taman mobile serta penghijauan kawasan Punclut dengan menanam 112.000 pohon. “Selain itu, membuat dua taman kota di bekas dua SPBU Cikapayang dan Sukajadi, kemudian dua hutan kota di bekas TPA Cicabe dan Pasir Impun, jadi wilayah mana yang belum hijau,” tanya Yogi.

Yogi menyebutkan, ada lima gerakan untuk mengatasi masalah penurunan muka air tanah, menurunnya kualitas udara dan terjadinya banjir di musim hujan. Kelima gerakan yaitu penghijauan dan menabung air, Cikapundung bersih, sejuta bunga, udara bersih dan penanaman, pembibitan, pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup.

“Pohon yang ditebang selama empat tahun sebanyak 803 pohon sedangkan pohon yang mesti ditebang karena sudah tua dan rawan tumbang ada 1.340 buah, sehingga masih ada sisa 537 pohon yang masuk daftar tebang,” ujar Yogi.
Upaya lainnya menangani masalah lingkungan adalah pembuatan lima kolam penampung air di kawasan Bandung Utara dan pembuatan 11.400 buah sumur resapan yang tersebar di Kota Bandung. “Saya merasa heran ada yang menilai tak ada hasilnya penghijauan di Kota Bandung, padahal semua jajaran kerja keras dalam penghijauan dan hasilnya sudah dirasakan warga,” ujar Yogi.(tsm)

TPA Pun Disulap Jadi Hutan Kota
* Penanaman pohon selama empat tahun sebanyak 1.085.499 batang pohon.
* Membuat dan memelihara taman di Kota Bandung yang jumlahnya mencapai 510 taman ditambah 26 buah taman mobile
* Penghijauan kawasan Punclut dengan menanam 112.000 pohon.
* Membuat dua taman kota di bekas dua SPBU Cikapayang dan Sukajadi
* Membuat dua hutan kota di bekas TPA Cicabe dan Pasir Impun
* Pembuatan sumur resapan sebanyak 11.400 buah

Ditulis Oleh : napallima ~ Napallima Blog

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Penghijauan Bandung Makin Giat, Sejuta Lebih Pohon Sudah Ditanam,, Semoga artikel tersebut diatas bermanfaat untuk anda semuanya.... Mohon maaf apabila penulisan atau konten dari posting yang anda baca sudah rusak atau terjadi kesalahan. Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kotak komentar.

:: Terima Kasih Telah Berkunjung ! ::

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih untuk komentarnya...